Dalam pengembangan aplikasi sistem informasi geografis (GIS), pemilihan bahasa pemrograman yang tepat adalah hal yang sangat penting. Aplikasi GIS dapat dikembangkan dalam beberapa bahasa pemrograman populer seperti Visual Basic (VB), C++, Delphi, .NET dan Java.

Diantara semuanya, VB versi 6.0 adalah salah satu bahasa pemrograman pilihan yang dapat kita gunakan untuk mengembangkan SIG. Cukup banyak beberapa contoh kode sumber (source code) dan pengembangan aplikasi yang dibuat di VB 6.0, yang dapat kita unduh dari internet. Pengembangan aplikasi SIG menggunakan VB versi 6.0 juga dapat digunakan untuk pemula.

Bahasa pemrograman VB dibuat agar mudah digunakan dan dipelajari. VB tidak hanya membantu programmer untuk membuat aplikasi sederhana berbasis GUI, tapi juga dapat digunakan untuk mengembangkan aplikasi-aplikasi yang kompleks.

Salah satu komponen Active X yang dapat digunakan secara padu dengan VB untuk mengembangkan aplikasi SIG adalah adalah MapObjects. MapObjects umumnya digunakan untuk mengolah data-data atau fungsi-fungsi yang tersedia di ArcView untuk di-integrasikan ke dalam VB.

Dibawah ini adalah tautan (link) lokasi tersedianya banyak contoh kode sumber dan aplikasi yang menggunakan MapObjects di VB untuk diunduh.(riokur12)
http://arcscripts.esri.com/details.asp?dbid=13563

sumber: http://gisprog.wordpress.com, GIS Programming

Iklan